Media Informasi Tentang Cara Praktis Ngeblog, Tutorial Blog, Monetisasi Blog,Tips Dan Trik Blogger, Template Blog, Adsense Dan Aplikasi Android

Breaking

January 29, 2019

Tutorial Blog Untuk Pemula | Cara Mengecek Tulisan Blog Apakah Plagiat Atau Tidak

loading...

Sumber gambar : pixabay

Apakah anda merasa yakin bahwa setelah menulis sebuah artikel dan mempublikasikannya di dalam blog anda bahwa tulisan anda tersebut di jamin original seratus persen dan tidak akan di temukan adanya plagiat konten oleh search engine seperti google.com ? Sebaiknya keyakinan anda itu anda kesampingkan terlebih dahulu jauh - jauh. Mengapa demikian ?

Karena seperti kita ketahui bersama bahwa dewasa ini terdapat ratusan ribu atau mungkin malah jutaan penulis dan publiser seperti anda di seluruh dunia ini yang setiap hari mengupload tulisan dan artikel ke internet. Dengan begitu banyaknya penulis yang ada di internet maka peluang untuk terjadinya kesamaan konten, kalimat, dan frase dalam tulisan sangat mungkin terjadi. Dan itu semua akan di anggap sebagai indikasi plagiat oleh mesin telusur atau search engine.

Ah masa sih, kan saya sendiri yang menulis artikel di blog saya. Saya tidak menjiplak atau mengcopy paste tulisan orang lain kok. Kenapa saya di anggap plagiat ?

Pernyataan - pernyataan seperti di atas memang wajar untuk di kemukakan, namun di mata search engine semua itu tidak berlaku. Perlu di ketahui bahwa search engine memiliki sistem algoritma yang sedemikian canggih sehingga sekecil apapun terjadinya duplikat konten dalam tulisan blog anda pasti akan terdeteksi. Dan jika ini terjadi maka akan sangat merugikan anda bukan ? Blog anda akan di anggap sebagai sebuah blog plagiat atau copy paste dan itu membuat kredibilitas blog anda akan sangat di ragukan oleh pengunjung blog. Belum lagi kerugian lain yang anda alami seperti rugi waktu karena setelah capek dan lelah menulis sebuah artikel ternyata tulisan anda terindikasi plagiat oleh mesin telusur.

Dalam konteks jurnalistik plagiarisme adalah sesuatu yang sangat di haramkan. Jika kesamaan kalimat atau mungkin frase di anggap sebagai plagiat apakah di perbolehkan mengutip pernyataan atau tulisan orang lain untuk memperkuat konten blog anda? Tentu saja boleh, tetapi ada syarat yang harus anda penuhi untuk mengutip sebuah tulisan, pernyataan atau pendapat orang lain tersebut. Apa syaratnya ? Syaratnya adalah anda harus menyertakan dan menjelaskan sumber dari kutipan tersebut. Siapa nama pengarangnya dan sebagainya. Dengan menjelaskan asal atau sumber kutipan tersebut maka tulisan atau artikel anda tidak akan di anggap sebagai plagiat karena anda tidak mengakui bahwa kutipan tersebut adalah milik anda.

Kemudian, bagaimana caranya agar kita bisa mengetahui bahwa tulisan atau artikel yang akan kita publikasikan terindikasi plagiarisme atau tidak ? 

Baiklah disini saya akan share kepada anda semua yakni sebuah cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek terlebih dahulu materi atau konten dalam artikel anda sebelum di publikasikan. Disini saya akan menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga yakni situs www.smallseotools.com

Berikut ini adalah langkah - langkah untuk mengeceknya, yaitu :

1. Buka browser anda dan ketikkan alamat situs www.smallseotools.com
2. Lalu anda akan di bawa masuk kehalaman seperti gambar di bawah ini.


3. Scroll ke bawah sedikit dan temukan tombol  plagiarism checker .


4. Klik pada tombol pilihan tersebut .


5. Selanjutnya anda akan dibawa masuk kehalaman kosong seperti di bawah ini. 


6. Lalu anda kembali dulu ke halaman artikel yang ingin anda cek. 


7. Copy seluruh isi artikel tersebut (karena kita menggunakan tools versi gratisan maka batas pengecekan hanya 1000 kata. Jika artikel anda cukup panjang bisa di split menjadi dua atau tiga kali pengecekan supaya tidak terjadi error) . 


8. Pastekan isi artikel anda kedalam halaman kosong tadi. 


9. Kemudian scroll kebawah dan temukan tombol check plagiarism. 


10. Klik tombol tersebut. 


12. Maka sejurus kemudian akan muncul hasilnya seperti contoh di bawah ini .


13. Jika anda mendapatkan hasil pengecekan seperti diatas dalam artian banyak tanda merahnya , itu menandakan bahwa yang berwarna merah itulah yang terindikasi plagiarisme.

14. Anda bisa memperbaiki bagian yang berwarna merah tersebut dengan cara mengedit ulang kalimat atau frase yang ada di sana.  

15. Jika sudah selesai lakukan pengecekan kembali seperti pada proses sebelumnya. 

16. Setelah melakukan perbaikan maka seharusnya hasil pengecekan ulang tersebut akan menghasilkan skor yang lebih baik.  Dan hasil terbaik adalah jika skornya 100% unique karena itu artinya tulisan anda bebas dari indikasi plagiarisme .



Catatan penting !!!

Adalah lebih baik bagi anda untuk meluangkan waktu sebentar untuk melakukan editing terhadap isi tulisan anda dan melakukan pengecekan seperti di atas daripada tulisan anda akan di anggap sebagai plagiat dan tidak kredibel nantinya.

Demikianlah artikel bagaimana cara mengecek isi tulisan atau artikel blog anda sebelum di publikasikan agar terbebas dari indikasi plagiarisme.
Semoga berguna dan bermanfaat untuk anda.

loading...

No comments:

Post a Comment