Media Informasi Tentang Cara Praktis Ngeblog, Tutorial Blog, Monetisasi Blog,Tips Dan Trik Blogger, Template Blog, Adsense Dan Aplikasi Android

Breaking

January 31, 2019

Tutorial Blog Untuk Pemula | Cara Memilih Topik Atau Tema Blog Yang Baik Dan Benar

loading...

Sumber gambar : pixabay

Supaya menjadi seorang penulis  yang hebat diperlukan sebuah proses yang panjang dan tidak sebentar. selain karena bakat alami yang di punyai oleh seseorang, ada faktor lain yang juga perlu untuk di kembangkan. Bagaimana jika saya sama sekali tidak punya bakat secara alamiah, apakah saya tetap bisa menjadi seorang penulis yang hebat ?Jawabannya tentu saja bisa, karena pada dasarnya ilmu jurnalistik adalah ilmu yang bisa di pelajari oleh siapapun. Hanya saja ada hal pokok yang membedakan antara orang yang memang punya bakat menulis secara alamiah dengan orang yang tidak punya bakat alam. Yang membedakan keduanya adalah lamanya waktu untuk belajar.

Jika orang tersebut memang sudah punya bakat secara alamiah maka proses untuk memulai menjadi seorang penulis tidak memerlukan banyak waktu untuk belajar, sementara bagi yang tidak punya bakat alam harus mempelajarinya dalam waktu yang relatif  lebih lama. 

Terkait dengan pemilihan tema atau topik blog, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu satu hal bahwa setidaknya ada tiga (3) buah faktor yang mempengaruhi pikiran dan keinginan seseorang dalam menentukan tema atau topik blognya. Ketiga hal tersebut antara lain :
  • Trend
  • Ketertarikan Pada Sesuatu Hal
  • Kemampuan atau Skill
Di sini kita akan coba bahas satu hal tersebut.

TREND
Sebuah trend atau sesuatu yang baru dan viral kadang - kadang menarik hati anda untuk menjadikannya sebagai topik blog anda. Memang sah - sah saja dan tidak ada salahnya kalau anda mempunyai keinginan seperti itu. Mungkin anda berharap bahwa dengan topik blog sesuatu yang sedang viral maka blog anda akan langsung ramai oleh pengunjung.



Jika anda punya anggapan seperti itu sepertinya anda telah keliru atau salah. Mengapa ? Karena untuk mendapatkan visitor blog yang ramai perlu proses yang panjang dan bukan sebuah proses yang instan dimana artikel yang anda publikasikan terlebih dahulu akan di index oleh search engine. Setelah itu barulah artikel anda bisa muncul dalam pencarian google, bing dan sebagainya.

Semua kembali ke tujuan awal anda  ketika berniat membuat blog, apakah menginginkan sebuah blog yang everlasting atau sebuah blog yang muncul kemudian hilang begitu saja. Perlu anda pikirkan, sebuah trend hanya berlangsung sesaat saja. Ketika hal tersebut sudah di anggap biasa - biasa saja oleh netizen maka lambat laun trend tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sebuah kerugian tentunya bagi anda karena konten dalam blog anda sudah tidak menarik lagi bagi para pengunjung blog.

KETERTARIKAN PADA SESUATU

Ketika anda membaca sebuah blog dengan tema teknologi misalnya. Kebetulan blog tersebut ramai oleh visitor yang berkunjung. Kemudian hal tersebut menarik minat anda untuk membuat sebuah blog dengan topik yang sama dengan blog tersebut, sementara anda sendiri sangat minim pengetahuan akan teknologi.



Tidak salah juga jika anda ingin mencobanya karena anda bisa sambil belajar tentunya. Tetapi menurut hemat saya hal tersebut sangat di sayangkan karena anda memerlukan kerja keras yang lebih untuk bisa mengembangkan blog anda tersebut. Lagi pula artikel dalam blog anda nantinya juga kurang berkualitas akibat dari minimnya pengetahuan anda tentang teknologi. Dan nanti pada suatu titik anda akan merasa seperti kehabisan ide dan gagasan sehingga anda kesulitan untuk mengupdate blog anda dengan artikel yang baru.

KEMAMPUAN ATAU SKILL

Ini adalah sebuah faktor yang ideal menurut saya. Sangat penting untuk menulis sebuah artikel pada blog sesuai dengan bidang yang anda kuasai. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda peroleh jika menulis blog karena memang anda expert di bidang itu.



Keuntungan - keuntungan tersebut antara lain :

1. Konten artikel dalam blog anda menjadi lebih berbobot di mata pengunjung blog.
2. Anda akan merasa lebih mudah ketika menulis karena semua ide dan gagasan sudah ada di kepala anda.
3. Isi blog anda menjadi lebih sistematis dan punya struktur yang rapih dan baik karena anda bisa menulis mulai dari materi dasar kemudian baru ke pokok bahasan blog.
4. Tidak akan kehabisan ide.
5. Lebih mudah dalam menulis karena anda adalah pelaku yang berkecimpung di bidang tersebut sehingga paham betul bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah.
6. Frekuensi mengupdate konten blog lebih baik karena anda bisa menulis sebuah artikel dengan cepat. Bahkan bisa jadi karena anda sangat menguasai bidang tersebut pembaca blog anda akan merasa kelelahan untuk membacanya. Bahkan jika di bandingkan dengan anda ketika menulis artikel tersebut anda sama sekali tidak merasa lelah atau capek karena ide - ide yang terus mengalir dalam otak anda.

Jadi dari ketiga hal di atas yang paling ideal sebagai dasar anda dalam menentukan tema atau topik blog adalah skill atau kemampuan anda. Tahap selanjutnya adalah mengembangkan kemampuan anda tersebut dan menuangkannya kedalam tulisan artikel blog dengan bahasa yang menarik dan membuat minat orang untuk datang berkunjung ke blog anda tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya.
loading...

No comments:

Post a Comment