Media Informasi Tentang Cara Praktis Ngeblog, Tutorial Blog, Monetisasi Blog,Tips Dan Trik Blogger, Template Blog, Adsense Dan Aplikasi Android

Breaking

February 14, 2019

Tutorial Blog | Lima (5) Kategori Blog Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membangun Sebuah Blog

loading...

Sumber gambar : pixabay

Memulai untuk membangun sebuah blog yang sesuai dengan minat anda dan juga di sukai oleh para pengunjung blog, bukanlah hal yang mudah. Namun ketika kita punya tekad dan kemauan serta hasrat untuk terus belajar, maka suatu hari nanti kita pasti bisa menjadi seorang blogger yang handal.

Kesuksesan sebuah blog ditentukan oleh banyak sekali faktor. Salah satu contoh faktor tersebut adalah pemilihan jenis blog secara tepat sehingga kita bisa mencurahkan konsentrasi kita seratus persen pada konten blog tersebut. 

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang lima (5) jenis blog yang wajib anda ketahui agar usaha anda dalam mengembangkan blog tidak sia - sia.

Jenis - jenis blog tersebut adalah sebagai berikut :

1. Blog Pribadi ( Personal blog ).

Blog pribadi (Personal blog) adalah jenis blog yang isinya merupakan catatan pribadi pengarang atau penulis blog tersebut tentang kegiatan yang dia lakukan sehari - hari. Kalau boleh membandingkan jenis blog pribadi ini merupakan catatan harian dari pengarang atau penulisnya.

Jenis blog pribadi tidak berorientasi pada materi yang akan di dapatkan karena pada dasarnya ada atau tidaknya pengunjung yang datang berkunjung ke blog tersebut bagi penulisnya tidak berpengaruh apa - apa. Bagi penulis blog tersebut visitor yang datang merupakan sebuah penghargaan karena telah sudi mampir ke blog miliknya dan telah meluangkan waktunya untuk berkunjung.  Dan jika tidak ada visitor yang berkunjungpun tidaklah berpengaruh karena baginya yang penting dia tetap rutin untuk menulis di dalam blog miliknya.

2. Blog Otoritas ( Authority Blog ).

Jenis blog Authority ini adalah jenis blog yang di kerjakan dan di kembangkan oleh para blogger yang punya kemampuan spesifik dalam bidang tertentu.
Blog dengan jenis seperti ini biasanya sangat baik dalam hal konten atau pembahasan artikel yang di tulis dan di pu likasikan. Anda sebagai penulis blog adalah ahli atau expert dari topik bahasan yang akan di publikasikan tersebut.

Untuk urusan visitor, penulis blog authority tidak hanya membidik dan mengandalkan sumber visitor dari pencarian di search engine saja karena biasanya pemilik blog Authority juga mendapatkan trafic dari link media sosial yang telah  dia kelola seperti: Google+ , Facebook, twitter, Pinterest dan juga Linkedin.

Dalam hal posting artikel, para blogger yang memilih jenis blog Authority ini sangat mudah dalam membuat dan mempublikasikan sebuah artikel karena topik cakupannya yang luas, di samping itu pula dia memang ahli di bidang tersebut tentunya. Selain itu konten blog yang di kelola olehnya juga biasanya sangat kuat dan berbobot.

3. Blog Niche

Ada perbedaan mendasar antara blog Authority dengan blog niche. Jika blog Authority lebih kuat secara konten atau isi karena sang penulis blog tersebut adalah memang seorang yang ahli (expert) di bidangnya maka blog niche lebih mengutamakan kata kunci tertentu untuk membidik pengunjung blognya. Maka tidak heran bermunculan istilah search keyword, search long tail keyword dan sebagainya.

Dengan kata lain blog niche akan berlomba - lomba untuk meriset kata kunci tertentu sesuai dengan niche blog nya supaya bisa di index oleh search engine dan akhirnya bisa di baca oleh pengunjung blog. Kelemahan blog niche ini adalah posisi index di search engine bisa berubah seketika manakala algoritma pencarian di search engine juga berubah. Bisa jadi sebelum perubahan algoritma pencarian google misalnya, blog anda berada di halaman pertama pencarian maka ketika algoritma pencarian berubah blog anda bisa terlempar dari halaman pertama, kedua atau bahkan bisa jadi di luar sepuluh besar halaman index.

Beberapa contoh niche blog antara lain : blog tentang kesehatan, kecantikan, gadget, pendidikan dan sebagainya. Biasanya para pemilik blog berusaha mengembangkan blognya dengan cara membangun dan memperbanyak backlink yang berkualitas.

4. Blog Perusahaan ( Company blog ).

Jenis yang lain dari blog adalah company blog. Dewasa ini selain memiliki sebuah website, sebuah perusahaan juga terkadang memiliki sebuah blog untuk memasarkan dan mengenalkan produk - produk perusahaannya. Pada umumnya jenis blog perusahaan seperti ini tidak di pasangi iklan - iklan dari pihak lain karena memang lebih di fokuskan untuk pengenalan dan pemasaran produk perusahaan itu sendiri.

5. Blog Spam

Blog Spam adalah sebuah blog yang di bangun dengan tidak mengutamakan mutu atau kualitas. Blog jenis ini biasanya menggunakan sistem secara otomatis yakni Automatically Generated Content. Blog jenis ini di buat secara masif dengan sebuah software atau plugin tertentu. Dengan software atau plugin tersebut maka dengan mudah sipemilik blog spam tersebut mencuri konten dari blog lain dan menduplikasinya kedalam konten blog miliknya.

Dengan adanya Undang - Undang tentang perlindungan hak cipta maka blog jenis ini sering mendapatkan gugatan dari pemilik blog yang kontennya di curi. Dan satu kerugian yang sudah pasti bahwa blog spam ini akan dengan mudah di abaikan dan dianggap tidak berkualitas oleh google.

Demikian lima (5) jenis blog yang perlu anda ketahui sebelum menentukan jenis blog mana yang akan anda buat dan kembangkan nantinya. 

Jika anda yakin dengan kemampuan anda di bidang tertentu maka akan sangat baik jika anda memilih jenis blog Authority. Namun jika anda ingin menulis blog tentang suatu niche tertentu juga baik dan tidak ada salahnya. 

Semoga bermanfaat untuk anda.


loading...

No comments:

Post a Comment